Nama
: Nur Alfi Syahrin
Npm :
15110112
Kelas :
4KA31
MANAJEMEN
DATA TELEMATIKA
Manejemen data
telematika merupakan pengembangan, penerapan arsitektur, serta merupakan suatu
prosedur yang benar dari data siklus hidup yang dibutuhkan oleh suatu instanti
atau perusahaan, dimana semua konsep yang dikembangkan harus didukung oleh
kemajuan teknologi yang sudah ada saat itu.
Semua proses
yang dikelolah oleh manajemen data haruslah memastikan bahwa data :
- Akurat
- Aman
- Terbaru
Dari
berbagai sumber refrensi yang dibaca oleh penulis dibawah ada 3 kategori
dalam manajemen data telematika, yaitu :
- Manajemen Data Client
- Manajemen Data Server
- Manajemen Data Base sistem perangkat gerak.
PENGERTIAN
CLIENT-SERVER
Client/Server dapat diartikan sebagai kemampuan komputer untuk meminta layanan request data kepada komputer lain. Komputer yang meminta layanan disebut sebagai client, sedangkan yang menyediakan layanan disebut sebagai server.
Pengertian lain, client melakukan permintaan suatu informasi atau mengirim perintah ke server. Server akan menerima permintaan dan perintah client. Kemudian server akan memproses memproses berdasarkan permintaan tersebut, dan mengembalikan kepada client sebagai hasil pemrosesan yang sudah dilakukan. Service Request adalah permintaan dari client baik berupa permintaan data maupun perintah ke server.
Client/Server dapat diartikan sebagai kemampuan komputer untuk meminta layanan request data kepada komputer lain. Komputer yang meminta layanan disebut sebagai client, sedangkan yang menyediakan layanan disebut sebagai server.
Pengertian lain, client melakukan permintaan suatu informasi atau mengirim perintah ke server. Server akan menerima permintaan dan perintah client. Kemudian server akan memproses memproses berdasarkan permintaan tersebut, dan mengembalikan kepada client sebagai hasil pemrosesan yang sudah dilakukan. Service Request adalah permintaan dari client baik berupa permintaan data maupun perintah ke server.
Karakteristik Server :
- Pasif
- Menunggu request
- Menerima request, memproses mereka dan mengirimkan balasan berupa service
Karakteristik Client :
- Aktif
- Mengirim request
- Menunggu dan menerima balasan dari server
- Pasif
- Menunggu request
- Menerima request, memproses mereka dan mengirimkan balasan berupa service
Karakteristik Client :
- Aktif
- Mengirim request
- Menunggu dan menerima balasan dari server
Manajemen
Database sistem perangkat bergerak
Pesatnya perkembangan bagi komunikasi bergerak mendorong para operator layanan berlomba untuk memperkaya macam layanannya guna menambah pemasukan bagi perusahaanya. Komunikasi data bergerak, misalnya untuk akses internet. Pengenalan WAP (Wireless Application Protocol) telah menunjukkan potensi sebagai layanan internet nirkabel/ WAP merupakan protocol global terbuka yang memungkinkan para pengguna mengakses layanan-layanan on-line dari layar kecil pada telepon genggam dengan menggunakan built-in browser. WAP bekerja pada berbagai teknologi jaringan bergerak, yang memungkinkan pasar missal bagi penciptaan layanan data bergerak.
Contoh dari layanan bergerak adalah GPRS. GPRS merupakan system transmisi berbasis paket untuk GSM yang menggunakan prinsip 'tunnelling'. GPRS tidak menawarkan laju data tinggi yang memadai untuk multimedia nayata, tetapi GPRS merupakan kunci untuk menghilangkan beberapa batas pokok bagi layanan-layanan data bergerak.
Sumber :