Selasa, 03 Januari 2012

TUGAS 2

Tugas 2 "Teori Organisasi umum" 

Tugas 2

Bentuk – bentuk organisasi :

1.                     Sosial
2.                         
Organisasi sosial adalah perkumpulan sosial yang dibentuk oleh masyarakat, baik yang berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum, yang berfungsi sebagai sarana partisipasi masyarakat dalam pembangunan bangsa dan negara. Sebagai makhluk yang selalu hidup bersama-sama, manusia membentuk organisasi sosial untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu yang tidak dapat mereka capai sendiri.
Sumber : (http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi_sosial)



2.       Internet

Media massa atau Pers adalah suatu istilah yang mulai dipergunakan pada tahun 1920-an untuk mengistilahkan jenis media yang secara khusus didesain untuk mencapai masyarakat yang sangat luas. Dalam pembicaraan sehari-hari, istilah ini sering disingkat menjadi media.
Masyarakat dengan tingkat ekonomi rendah memiliki ketergantungan dan kebutuhan terhadap media massa yang lebih tinggi daripada masyarakat dengan tingkat ekonomi tinggi karena pilihan mereka yang terbatas. Masyarakat dengan tingkat ekonomi lebih tinggi memiliki lebih banyak pilihan dan akses banyak media massa, termasuk bertanya langsung pada sumber atau ahli dibandingkan mengandalkan informasi yang mereka dapat dari media massa tertentu.
Politik revolusioner selalu sangat dipengaruhi oleh teknologi baru. Munculnya pemberontakan massa demokratik di Prancis, Amerika dan Irlandia pada dekade penutupan abad ke-18 itu terkait dengan munculnya keaksaraan luas dan akses ke pencetakan. Hal ini memungkinkan penyebaran cepat dari gagasan republikan cukup kompleks di seluruh dunia. Pada awal milenium baru itu adalah internet yang memungkinkan untuk model organisasi yang sangat terdesentralisasi jaringan. Sebelumnya kedua komunikasi internasional dan satu ke banyak komunikasi dibutuhkan sumber daya yang penting dan dibutuhkan organisasi massa dan sentralisasi sumber daya. Web dan email berarti bahwa untuk pertama kalinya sejumlah besar orang secara langsung bisa berkomunikasi secara internasional pada sehari-hari.
Hal ini memungkinkan datang ke keberadaan jaringan yang sangat besar dan informal. Dalam hal perdebatan dan organisasi ini dapat tidak lebih formal daripada sebuah daftar email. Sebuah mail yang tunggal dikirim ke satu daftar bisa dipetik dan diteruskan ke banyak orang lain sehingga ide-ide dari satu individu atau kolektif kecil bisa menyebar dengan cepat ke sejumlah besar orang yang mereka belum pernah bertemu. Hal ini cenderung untuk memotong organisasi yang sudah ada banyak dari mereka cenderung melihat internet sebagai ancaman daripada kesempatan. Untuk sementara waktu juga melemparkan berbagai negara mata-mata dan pasukan polisi ke dalam kekacauan karena mereka digunakan untuk sebuah model di mana infiltrasi dari satu atau sejumlah kecil organisasi terpusat bisa memberi mereka gambaran yang sangat akurat mengenai berapa banyak akan menghadiri sesuatu dan apa yang mereka mungkin melakukan.
Hanya menempatkan metode-metode baru awalnya memungkinkan aktivis yang tampaknya muncul dari mana dan baik menutup pertemuan puncak di Seattle dan Praha atau, seperti di Quebec, memaksa negara untuk memenjarakan dirinya di balik tembok tinggi dan pagar. Tiba-tiba mungkin bagi kelompok kecil dan kurang sumber daya untuk berkomunikasi dengan dan mencari bantuan dari orang di seluruh benua mereka. Adalah mungkin bagi mereka yang memikirkan untuk memprotes bepergian untuk mendapatkan informasi lokal cukup rinci terlebih dahulu melalui situs web dan daftar email. Setelah satu dekade di mana satu-satunya hal penting terjadi di sebelah kiri adalah Zapatista keberhasilan awal dari protes KTT tampaknya mewakili sebuah lompatan besar ke depan.
(sumber :http://anarchism.pageabode.com/andrewnflood/origins-limitations-network-form-organization-anarchists) 

3.       Niaga

Organisasi Niaga yaitu organisasi yang mempunyai tujuan utamanya suatu keuntungan dalam organisasi itu sendiri. Bentuk-bentuk organisasi niaga cukup banyak juga yaitu :
  • Fa (firma) suatu organisasi yang modalnya dari hasil bersama dan jika ada kerugiaan maka yang bertanggung jawab adalah tanggung jawab bersama.
  • CV memiliki dua bagian yaitu Aktif atau Pasif yang maksudnya jika Aktif yang menanamkan modalnya ke suatu organisasi ini juga ikut serta dalam berorganisasi, dan Pasif yang menanamkan modal tidak ikut serta dalam berorganisasi ini.
  • PT memiliki berbagai macam seperti tbk yang artinya organisasi ini terbuka dan dapat dimiliki oleh pihak luar.
  • Koperasi suatu organisasi yang melakukan kegiatan simpan pinjam pada setiap anggtonya.
  • Kartel yaitu suatu perkumpulan dari beberapa organisasi atau perusahaan yang bergerak dibidang sama yang membuat perjanjian tertentu agar tidak terjadi persaingan yang tidak seimbang.
  • Join Venture suatu organisasi yang beranggotakan beberapa Negara.
  • Trust yaitu gabungan dari beberapa perusahaan agar lebih kuat dari yang sebelumnya.
  • Holding Company Suatu gabungan saham yang biasanya mengawasi 1 atau lebih perusahaan, dan mengawasinya dengan keseluruhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar