Selasa, 08 Januari 2013

Penyandang Asma Rentan Depresi

Penyandang Asma Rentan Depresi


          Asma yang kita ketahui menyebabkan penderitanya kesulitan untuk bernafas, tetapi juga dapat menimbulkan gangguan psikologis. Menurut beberapa penelitian penderita asma 2 kali lebih besar berisiko terkena depresi atau ansietas (kecemasan). Pasalnya, ketika gangguan psikologi menerjang, kualitas kesehatan penyandang asma langsung merosot. Oleh karenanya, ada korelasi positif antara gangguan psikologi dengan kualitas hidup secara keseluruhan.

          Tidak hanya itu, ditemukan dari hasil penelitian para peneliti bahwa orang dewasa yang menyandang asma dan juga penyakit kroniklain, merokok, minum alkohol, atau dengan kondisi sosial ekonomi rendah, cenderung mengalami gangguan psikologi berat. Namun, salah satu peneliti mengatakan bahwa studi tersebut belum berhasil menyingkap apakah asma menyebabkan gangguan psikologi berat atau pengobatan asma yang memicu gangguan psikologi itu.

          Dengan demikian, asma yang memang sebagai salah satu penyakit kronik perlu dikelola dengan hati-hati oleh para penyandangnya, dan gangguan psikologi serius bisa masuk tatkala mereka sedang mengelola penyakitnya. Sehingga, baik asma maupun gangguan psikologi itu, harus dikelola dengan baik pula agar kualitas hidup secara keseluruhan tidak menurun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar