Kamis, 29 Maret 2012

PASAR OLIGOPOLI


PASAR OLIGOPOLI

I.         PENDAHULUAN
Pasar  merupakan proses hubungan timbal antara penjual dan pembeli untuk mencapai kesepakatan harga dan jumlah suatu barang/jasa yang diperjualbelikan. Semua unsur yang berkaitan dengan hal ekonomi berada di pasar oligpoli mulai dari unsur produksi, distribusi, ataupun unsur konsumsi.

II.       TEORI
Istilah oligopoli berarti beberapa penjual. Beberapa penjual di dalam konteks ini maksudnya dimana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Pasar oligopoli merupakan suatu struktur pasar dimana hanya terdapat beberapa produsen yang menghasilkan barang-barang yang bersaing. Jika pasar oligopoli hanya terdiri dari dua perusahaan saja maka disebut duopoli.
III.     PEMBAHASAN
Dalam pasar oligopoli, setiap perusahaan memposisikan dirinya setiap perusahaan memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan permainan permainan pasar, dimana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari tindak-tanduk pesaing mereka.
Ciri-ciri dari pasar oligopoli yaitu :
@ Terdapat banyak penjual/ produsen ya ng menguasai pasar.
@ Barang yang dijual dapat berupa brang homogen atau berbeda corak.
@ Terdapat halangan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk @ kedalam pasar. Satu diantara para oligopolis merupakan market leader yaitu penjual     yang mempunyai pangsa pasar terbesar.

Pasar oligopoly mempunyai kelebihan sebagai berikut :

1.Terdapat sedikit pemjual karena memerlukan investasi besar
2. Penjual sedikit sehingga dapat mengendalikan harga
3. Bila terjadi persaingan harga, konsumen diuntungkan

Selain kelebihan, pasar oligopoly juga mempunyai kelemahan yakni :

1. Terdapat rintangan yang kuat untuk masuk kepasar oligopoli kerena investasi tinggi
2. Akan terjadi perang harga
3. Produsen bisa kerjasama ( Kartel )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar