PASAR
OLIGOPOLI
I.
PENDAHULUAN
Pasar merupakan proses hubungan timbal antara
penjual dan pembeli untuk mencapai kesepakatan harga dan jumlah suatu
barang/jasa yang diperjualbelikan. Semua unsur yang berkaitan dengan hal
ekonomi berada di pasar oligpoli mulai dari unsur produksi, distribusi, ataupun
unsur konsumsi.
II.
TEORI
Istilah oligopoli berarti beberapa penjual.
Beberapa penjual di dalam konteks ini maksudnya dimana penawaran satu jenis
barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Pasar oligopoli merupakan suatu
struktur pasar dimana hanya terdapat beberapa produsen yang menghasilkan
barang-barang yang bersaing. Jika pasar oligopoli hanya terdiri dari dua perusahaan
saja maka disebut duopoli.
III.
PEMBAHASAN
Dalam pasar oligopoli, setiap perusahaan
memposisikan dirinya setiap perusahaan memposisikan dirinya sebagai bagian yang
terikat dengan permainan permainan pasar, dimana keuntungan yang mereka
dapatkan tergantung dari tindak-tanduk pesaing mereka.
Ciri-ciri dari pasar oligopoli yaitu :
@ Terdapat banyak
penjual/ produsen ya ng menguasai pasar.
@ Barang yang dijual dapat berupa brang homogen atau berbeda corak.
@ Terdapat halangan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk @ kedalam pasar. Satu diantara para oligopolis merupakan market leader yaitu penjual yang mempunyai pangsa pasar terbesar.
@ Barang yang dijual dapat berupa brang homogen atau berbeda corak.
@ Terdapat halangan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk @ kedalam pasar. Satu diantara para oligopolis merupakan market leader yaitu penjual yang mempunyai pangsa pasar terbesar.
Pasar
oligopoly mempunyai kelebihan sebagai berikut :
1.Terdapat
sedikit pemjual karena memerlukan investasi besar
2. Penjual sedikit sehingga dapat mengendalikan harga
3. Bila terjadi persaingan harga, konsumen diuntungkan
2. Penjual sedikit sehingga dapat mengendalikan harga
3. Bila terjadi persaingan harga, konsumen diuntungkan
Selain
kelebihan, pasar oligopoly juga mempunyai kelemahan yakni :
1. Terdapat
rintangan yang kuat untuk masuk kepasar oligopoli kerena investasi tinggi
2. Akan terjadi perang harga
3. Produsen bisa kerjasama ( Kartel )
2. Akan terjadi perang harga
3. Produsen bisa kerjasama ( Kartel )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar