Sabtu, 05 Januari 2013

7 Tips Untuk Menjaga Tekanan Darah yang Sehat

7 Tips Untuk Menjaga Tekanan Darah yang Sehat

       Bagi kamu yang memiliki hipertensi diwajibkan melakoni pola hidup yang sehat, tentunya hal ini tidaklah mudah bukan? Untuk mencegah hipertensi itu kambuh lagi tentu kita harus cerdik untuk mengatasinya, berikut ada 8 resep untuk mengatasi hipertensi. Semoga bermanfaat ya..

1.    Tetaplah pertahankan berat badan normal.
jika anda termasuk obesitas, kurangilah bobot anda. Karena mengurangi bobot juga dapat memangkas komplikasi lain obesitas, misalnya osteoarthritis dan diabetes mellitus. Tetapi, mengurangi bobot pun tidaklah asal, tetap ada aturannya. Anda memang perlu makan besar denga gizi seimbang 3 kali sehari, hindari minuman berkarbonasi dan junk food serta perbanyaklah makanan berserat.

2.    Olahraga teratur
Aktifitas yang satu memang banyak manfaatnya, cobalah olahraga secara teratur paling tidak 30 menit 4 kali dalam seminggu. Tidaklah mesti olahraga yang berat cukup dengan berjalan, bersepeda, berenang atau senam aerobik tentu bisa anda rasakan perbedaan antara rajin berolahraga dan yang malas melakukan olahraga.

3.    Mengurangi asupan garam
Bukan rahasia umum lagi, bahwa masakan Indonesia sangat sarat dengan bumbu dapur yang satu ini, garam. Agar cita rasa tetap terjaga mungkin anda bisa secara bertahap anda harus mengganti garam dengan herbal dan rempah-rempah lainnya, misalnya dengan asam jawa atau bawang putih.

4.    Makan dan diet secara seimbang
Perbanyaklah makan makanan berserat misalnya buah dan sayur. Kurangi makanan yang mengandung kolesterol yang tinggi, lemak jenuh, makanan olahan dan makanan cepat saji.

5.    Batasi alkohol atau tidak sama sekali
Jika anda termasuk kategori orang yang tidak bisa lepas dari alkohol, maka anda bisa meminumnya dalam jumlah yang sedikit saja, jangan melebihi 30 mL etanol atau setara dengan 1 gelas anggur. Akan lebih baik jika anda tidak mengkonsumsi minuman berakohol.

6.    Berhentilah merokok
Kandungan nikotin yang terdapat dalam rokok dapat meningkatkan tekanan darah. Selain itu, merokok juga dapat menyebabkan penyakit stroke dan jantung.

7.    Lakukanlah check-up secara teratur
Dengan penerapan pola makan yang terjaga dan olahraga yang teratur , anda bisa melakukan pmeriksaan medis teratur untuk memantau keberhasilan terapi dan hal lainnya. Konsultasikan semua pada dokter yang memang ahlinya.

Nah, demikianlah beberapa tips ini, semoga bermanfaat untuk teman-teman semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar