Sabtu, 05 Januari 2013

PESONA BUAH RAMBUTAN

PESONA BUAH RAMBUTAN

       Siapa yang tak mengenal buah ini, bentuknya yang berbeda dengan buah lainnya sangatlah mudah untuk dikenali, dengan ciri-ciri memiliki kulit seperti rambut tak salah jika buah ini dinamakan buah rambutan. Apalagi di Indonesia buah ini juga termasuk buah yang populer dikalangan penggemarnya. Jika sudah musimnya, waah..pasti banyak yang membeli untuk sekedar iseng-iseng atau melepas rindu memakan buah yang satu ini. Rasanya yang manis dan warna kulit yang merah  menjadi daya tarik buah ini, harganya pun sangat terjangkau untuk semua kalangan.
       Tapi tak banyak yang tahu manfaat dari mengkonsumsi buah yang satu ini, biasanya para penikmat buah rambutan hanya menikmati dari rasa manis yang dimiliki buah rambutan. Usut punya usut ternyata buah yang termasuk kedalam buah musiman ini memiliki khasiat yang cukup menakjubkan. Ternyata buah merah kecil ini memiliki kandungan senyawa penting yang sama di dalam buah jeruk dan apel, seperti vitamin C, zat besi, fospor, protein, dan karbohidrat yang sangat penting untuk tubuh kita sehari-hari.
       Tak hanya itu, biji dari buah rambutan ini pun dapat digunakan sebagai obat kencing manis. Caranya siapkan sekitar ±5 buah biji rambutan cuci bersih, kemudian sangrai dengan api sedang lalu tubuk atau giling biji rambutan hingga halus. Seduh bubuk biji rambutan itu dengan air hangat, jika airnya sudah dingin dapat dikonsumsi 2x sehari.
       Bisa dibayangkan dibalik bentuknya yang kecil dan harganya yang ekonomis ternyata buah rambutan memiliki manfaat yang luar biasa, nah tidak salah buah ini sangat digemari khususnya di Indonesia sendiri. Semoga bermanfaat yaa..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar