Sabtu, 05 Januari 2013

Apa itu “Teman?”

Apa itu “Teman?”

       Tak kenal maka tak sayang,, mungkin pepatah itulah yang sering kita dengar di kehidupan sehari-hari untuk bisa mengenal individu lain. Banyak orang yang bilang sebagai makhluk sosial manusia di anjurkan untuk bergaul dan memiliki banyak teman, karena pertemanan memiliki beragam manfaat bagi manusia. Berbagai macam cara untuk beteman pun semakin banyak, bisa melalui media internet seperti facebook, twitter, dll. atau mungkin dalam percakapan sekejap bisa menimbulkan ikatan pertemanan antar sesama manusia. Sungguh indahnya hidup ini jika memiliki banyak teman, kita bisa bertukar pendapat, bertukar cerita ,dan bertukar pengalaman hidup, bisa mencurahkan segala perasaan yang ada baik itu senang atau sedih.

      Tapi tak sedikit teman yang bisa menyakiti hati kita bukan? Awal pertemanan sangatlah manis dan indah, tapi banyak pula yang awalnya berteman sangat akrab berakhir dengan permusuhan. Jangan sampai deh seperti itu, tali silaturrahim yang terikat jangan sampai terputus dan terbuang sia-sia. Maka dari itu kenalilah teman disekeliling anda, mari kita sedikit melirik bagaimana sih teman yang baik itu.

       Tipe orang pemfitnah : tidak sedikit loh seorang teman membicarakan hal-hal buruk mengenai temannya, atau menceritakan hal-hal negatif kepada orang lain. Walaupun sikap kita selalu baik padanya bisa saja teman kita itu membicarakan hal buruk tentang kita kepada orang lain. Manusia tidak ada yang sempurna, sekali lagi ini juga sifat yang sangat banyak dimiliki manusia, jika kita mendapati teman yang seperti demikian hendaklah bicara dari hati ke hati dengannya, misalnya dengan mengucapkan “Aku sangat senang bisa berteman denganmu, namun...” jangan berteriak atau menjerit dan mengatakan hal buruk kepada mereka, berbicara dengan tenang akan membantumu memahami permasalahannya. Dia mungkin menyangkal hal ini atau menerima kesalahannya dan meminta maaf. Jika kita selalu bersikap positif terhadap situasi yakinlah hasil yang di dapatkan akan cenderung bahagia.

       Tipe perebut pacar : harus selaluu diingat, teman yang baik tidak akan merebut kekasih temannya. Jikalau itu terjadi,, tak ada gunanya menangisi semua itu. Luangkan waktu untuk diri sendiri, cobalah hal-hal baru atau hobi baru dan lakukan hal yang kamu sukai dalam lingkupan positif dan cobalah persahabatan baru. Suatu saat kamu akan menyadari betapa indahnya persahabatan dan berharganya persahabatan dibandingkan dengan seorang lelaki, namun sampai saat itu terjadi tetaplah tenang. Jangan mengeluarkan kata-kata yang memicu perang antara kamu dan mantan sahabatmu, karena itu hanyalah perbuatan yang sia-sia.

       Tipe pemaksa : teman mempengaruhi kita dalam banyak hal dan banyak cara. Berpeganglah pada prinsipmu, tapi jangan paksakan prinsipmu pada orang lain, tetaplah bersikap tenang dan percaya diri. Hal ini bisa dibilang mustahil, namun pada akhirnya mereka akan menyadari kekuatanmu dan menghormatimu karena hal tersebut.

       Nah, jagalah sikap kita terhadap teman, hormatilah pertemanan dan hormati pula prinsip dari temanmu. Akan lebih baik jika pertemanan itu terus berlanjut dan tak berakhir dengan permusuhan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar